SDN 87 Ambon

Jl. Raya Air Kuning Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku Email : sdn87ambon@gmail.com Website : sdn87ambon.sch.id -Ambon - 97128

sdn87Ambon
Dikdasmenkota Ambon

Kamis, 11 April 2019

SDN 87 Menerapkan Evaluasi Pembelajaran Online



 Foto Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Kahoot dan Quizziz dengan
IGI Peovinsi maluku

Perakitan alat evaluasi berbentuk tes online meliputi pengelompokan soal sesuai kategori yang disajiakan dalam aplikasi. Setelah dilakukan penelaahan soal dan perakitan soal desain awal pada tampilan tes sesuai dengan kategori tes berbasis online menggunakan aplikasi KAHOOT.

Kahoot adalah aplikasi online untuk membuat Kuis maupun Survey secara interaktif.  Platform Kahoot! platform dikembangkan oleh Johan Brand, Jamie Brooker and Morten Versvik yang menggunakan riset Professor Alf Inge Wang and rekannya at the Norwegian University of Science and Technology (NTNU) tentang penggunaan kuis yang interaktif. Kahoot adalah situs di mana Anda dapat membuat game kustom untuk mengajarkan konsep baru atau hanya untuk bersenang-senang. Dengan Kahoot Anda dapat menciptakan sesuatu dari permainan edukatif untuk kuis bagi siswa dalam kelas Anda atau permainan  pembelajaran yang lebih menyenangkan. Kahoot dapat dimainkan menggunakan web browser, tanpa perlu masuk dengan akun dengan hanya memanfaatkan Smartphone peserta atau siswa. Hal ini membuat mudah untuk memungkinkan siswa untuk bergabung dalam game online Anda dari perangkat internet yang terhubung.

Peralatan yang harus dipersiapkan dalam memainkan Kahoot – Kuis ini adalah: 1. Laptop/HP, digunakan untuk membuka soal dan kontrol guru. 2. Proyektor, digunakan untuk menampilkan tampilan soal pada laptop ke layar agar mampu dilihat banyak siswa. 3. Perangkat Siswa bisa berupa laptop, ponsel cerdas atau tablet, dugunakan untuk menjawab soal pilihan. 4. Jaringan Internet. Pembelajaran melalui evaluasi online ini telah di lakukan di SD Negeri 87 Ambon pada kelas tinggi, hasil yang diperoleh sangat memuaskan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Untuk melatih para guru memahami cara menggunakan aplikasi Kahoot, Kepala SD Negeri 87 Ambon bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Maluku untuk melatih para guru dan alhamdulillah telah di gunakan walaupun masih terdapat sedikit keterbatasan.  Di Samping Aplikasi Kahoot kami juga menggunakan aplikasi Quizizz Free yang kegunaannya hampir mirip dengan kahoot, namun kelibihan Quizizz jauh lebih efesien dari pada Kahoot.

Quizziz dapat di gunakan di rumah atau di mana saja peserta didik berada, Aplikasi Quizizz ini telah dipraktikkan oleh sekolah-sekolah di Benua Amerika dan dapat menyngkat waktu pemeriksaan hasil tes serta meminimalisir biaya penggandaan soal. Perkembangnya teknologi mempermudah kita dalam melakukan segala hal. Demikian pula halnya dalam bidang pendidikan, teknologi akan mempermudah guru dalam melaksanakan tugas- tugasnya dalam kelas. Nah, salah satu contoh penggunaan teknologi dalam pembelajaran misalnya dengan menggunakan kuis interaktif di kelas menggunakan sebuah aplikasi yaitu Quizizz.

Foto Proses Evaluasi Quizizz di Rumah


Quizizz merupakan sebuah web tool  untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas anda misalnya saja untuk penilaian formatif. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif  yang anda buat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Anda juga dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis anda sudah jadi, anda dapat membagikannya kepada siswa anda dengan menggunakan kode 5 digit yang dihasilkan.
Quizizz juga memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa anda. Anda dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang anda buat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Anda bahkan bisa mendownload statistik ini dalam bentuk spreadsheet Excel. Fitur "pekerjaan rumah" juga tambahan fitur yang menarik. Pekerjaan rumah memungkinkan anda menetapkan kuis sebagai pekerjaan rumah, dan membatasi waktu pengerjaan pekerjaan rumah tersebut hingga 2 minggu. Dengan Quizizz, siswa bisa bermain kapan saja dan dari mana saja.

Post by : mralfibanda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jualan Buku