Foto Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Kahoot dan Quizziz dengan
IGI Peovinsi maluku
Perakitan
alat evaluasi berbentuk tes online meliputi pengelompokan soal sesuai kategori
yang disajiakan dalam aplikasi. Setelah dilakukan penelaahan soal dan perakitan
soal desain awal pada tampilan tes sesuai dengan kategori tes berbasis online
menggunakan aplikasi KAHOOT.
Kahoot
adalah aplikasi online untuk membuat Kuis maupun Survey secara
interaktif. Platform Kahoot! platform dikembangkan oleh Johan Brand,
Jamie Brooker and Morten Versvik yang menggunakan riset Professor Alf Inge Wang
and rekannya at the Norwegian University of Science and Technology (NTNU)
tentang penggunaan kuis yang interaktif. Kahoot adalah situs di mana Anda
dapat membuat game kustom untuk mengajarkan konsep baru atau hanya untuk
bersenang-senang. Dengan Kahoot Anda dapat menciptakan sesuatu dari permainan
edukatif untuk kuis bagi siswa dalam kelas Anda atau permainan
pembelajaran yang lebih menyenangkan. Kahoot dapat dimainkan menggunakan web
browser, tanpa perlu masuk dengan akun dengan hanya memanfaatkan Smartphone
peserta atau siswa. Hal ini membuat mudah untuk memungkinkan siswa untuk
bergabung dalam game online Anda dari perangkat internet yang terhubung.
Peralatan
yang harus dipersiapkan dalam memainkan Kahoot – Kuis ini adalah: 1. Laptop/HP,
digunakan untuk membuka soal dan kontrol guru. 2. Proyektor, digunakan untuk
menampilkan tampilan soal pada laptop ke layar agar mampu dilihat banyak siswa.
3. Perangkat Siswa bisa berupa laptop, ponsel cerdas atau tablet, dugunakan
untuk menjawab soal pilihan. 4. Jaringan Internet. Pembelajaran melalui
evaluasi online ini telah di lakukan di SD Negeri 87 Ambon pada kelas tinggi,
hasil yang diperoleh sangat memuaskan dan dapat meningkatkan minat belajar
peserta didik.
Untuk
melatih para guru memahami cara menggunakan aplikasi Kahoot, Kepala SD Negeri
87 Ambon bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Maluku untuk
melatih para guru dan alhamdulillah telah di gunakan walaupun masih terdapat
sedikit keterbatasan. Di Samping
Aplikasi Kahoot kami juga menggunakan aplikasi Quizizz Free yang kegunaannya
hampir mirip dengan kahoot, namun kelibihan Quizizz jauh lebih efesien dari
pada Kahoot.
Quizziz
dapat di gunakan di rumah atau di mana saja peserta didik berada, Aplikasi
Quizizz ini telah dipraktikkan oleh sekolah-sekolah di Benua Amerika dan dapat menyngkat
waktu pemeriksaan hasil tes serta meminimalisir biaya penggandaan soal. Perkembangnya
teknologi mempermudah kita dalam melakukan segala hal. Demikian pula halnya
dalam bidang pendidikan, teknologi akan mempermudah guru dalam melaksanakan
tugas- tugasnya dalam kelas. Nah, salah satu contoh penggunaan teknologi dalam
pembelajaran misalnya dengan menggunakan kuis interaktif di kelas menggunakan
sebuah aplikasi yaitu Quizizz.
Foto Proses Evaluasi Quizizz di Rumah
Quizizz
merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk
digunakan dalam pembelajaran di kelas anda misalnya saja untuk penilaian
formatif. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat
memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Anda juga dapat
menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan
pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis anda sudah jadi, anda dapat
membagikannya kepada siswa anda dengan menggunakan kode 5 digit yang
dihasilkan.
Quizizz juga memberikan data dan statistik
tentang kinerja siswa anda. Anda dapat melacak berapa banyak siswa yang
menjawab pertanyaan yang anda buat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak
lagi. Anda bahkan bisa mendownload statistik ini dalam bentuk spreadsheet
Excel. Fitur "pekerjaan rumah" juga tambahan fitur yang menarik.
Pekerjaan rumah memungkinkan anda menetapkan kuis sebagai pekerjaan rumah, dan
membatasi waktu pengerjaan pekerjaan rumah tersebut hingga 2 minggu. Dengan
Quizizz, siswa bisa bermain kapan saja dan dari mana saja.
Post by : mralfibanda.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar